Cara Menambahkan Tombol Like dan Dislike di Postingan Blog



Menambah/Memasang tombol Like dan Dislike di blog tentunya bermanfaat untuk bloggers agar tahu bagaimana opini pembaca terhadap artikel yang kita tulis, suka atau tidak suka.
Secara default, Blogger tidak menyediakan fitur ini, namun kita bisa memanfaatkan platform lain untuk memasang tombol Like dan Dislike, salah satunya dengan mendapatkan kode Like di situs Likebtn.com. Bagi kamu yang penasaran dan tidak tahu caranya, simak informasi berikut!

1. Kunjungi halaman web ini -->Like Button Generator

2. Ada 41 tampilan like dan dislike, kamu bebas memilih sesuai yang diinginkan. Sebelum dapat memasang tombol di blog, kamu bisa mengatur beberapa pengaturan, seperti menganti teks, menambah pop-up, dan sebagainya.
3. Setelah selesai mengatur tampilan like dan dislike, kamu bisa melihat demo dari tombolnya dan dibawahnya terdapat kode yang harus dipasang didalam HTML blog.
4. Ada hal yang tak boleh terlewat,  setelah kamu mendapat kode Like Button, kamu harus menambahkan kode ini agar tombol like berfungsi pada setiap postingan yang kita miliki.
expr:data-identifier='data:post.id' 

Letakkan kode diatas pada elemen span pertama atau tepat disamping data-counter_count="true" 

Maka, setelah ditambahkan kode tersebut, akan jadi seperti ini. 
 <!-- LikeBtn.com BEGIN -->
<span class="likebtn-wrapper" data-theme="disk" data-ef_voting="grow" data-identifier="item_1" data-show_dislike_label="true" data-voting_frequency="1" data-counter_count="true" expr:data-identifier='data:post.id' data-popup_disabled="true" data-share_enabled="false" data-tooltip_enabled="false"></span>
<script>(function(d,e,s){if(d.getElementById("likebtn_wjs"))return;a=d.createElement(e);m=d.getElementsByTagName(e)[0];a.async=1;a.id="likebtn_wjs";a.src=s;m.parentNode.insertBefore(a, m)})(document,"script","//w.likebtn.com/js/w/widget.js");</script>

5. Langkah terakhir, login ke blogger dan pilih edit HTML. Jika ingin meletakkan tombol Like dibawah postingan,  maka masukan kode like tersebut sesudah tag <data:post.body/>

Nah itu dia cara menambahkan tombol like dan dislike di postingan blog. Semoga bermanfaat!

Related Posts

Subscribe Our Newsletter

0 Comments to "Cara Menambahkan Tombol Like dan Dislike di Postingan Blog"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

iklan-tengah1

iklan-tengah2

Iklan Bawah Artikel

close